Saling Setia Demi Cegah PMS Datang

PMS alias penyakit menular seksual dapat membahayakan kesehatan reproduksi Mama dan janin di kandungan. Hati-hati, apalagi mayoritas PMS tak menunjukkan gejala. Setiap hari, lebih dari satu juta orang telah terjangkit PMS alias penyakit menular seksual. Data dari UNAIDS 2013 mencatat, setiap tahun terdapat sekitar 500 juta orang mengidap salah satu dari empat penyakit menular seksual, yaitu klamidia, gonore, siflis, dan trikomoniasis.

Baca juga : Kursus Bahasa Jepang di Jakarta Selatan

WHO dan UNAIDS memperkirakan, lebih dari 35,3 juta orang terinfeksi HIV di seluruh dunia dan 90 dari mereka berada di negara berkembang. Risikonya, sebagian PMS meningkatkan risiko penularan human immunodef ciency virus HIV sebanyak tiga kali lipat atau lebih. Disamping itu, PMS ternyata membawa pengaruh besar bagi kesehatan seksual dan repoduksi di seluruh dunia WHO 2014.

Tanpa Gejala

PMS merupakan infeksi yang disebarkan lewat hubungan seks dengan seseorang yang memiliki PMS juga. Seseorang bisa terkena PMS disebabkan aktivitas seksual yang melibatkan mulut, anus, ataupun vagina. Celakanya lagi, PMS dapat datang dengan tanpa gejala awal, semisal klamidia. Jikapun ada gejala, biasanya hanya seperti demam ringan, nyeri bawah perut kronis atau keputihan yang khas. Namun, ada juga beberapa PMS yang menimbulkan gejala meski tidak terlalu kentara, seperti trikomoniasis dan gonore.

Bila terdiagnosis terjangkit PMS ini, dokter akan melakukan pengobatan dengan memberikan antibiotik. Pada tahap yang sudah lanjut, PMS bisa memunculkan gejala, seperti berikutb U %enjolan, luka, atau kutil di dekat mulut, anus, penisvagina.b U Pembengkakan atau kemerahan dekat penis/vagina. U 5uam kulit. U Nyeri usai buang air kecil. U %erat badan turun drastis, diare, berkeringat pada malam hari. U Gatal-gatal, nyeri, demam, dan menggigil. U Kulit terlihat kuning. U Vagina berbau tidak sedap dan muncul keputihan yang tidak wajar (berwarna kehijauan pekat dan berbau menyengat. U Perdarahan dari vagina. U Nyeri saat berhubungan seks. U Gatal pada area penisvagina.

MENGGANGGU KESUBURAN

PMS dapat menjadi penyebab infertilitas, terutama pada perempuan, dengan cara memengaruhi kemampuan fungsi motilitas tuba falopi saluran telur. Akibatnya, sperma atau ovum sel telur tak bisa melal ui saluran ini dengan baik. Sekitar 0s0 perempuan yang terinfeksi klamidia, akhirnya menderita radang panggul. Pasca-infeksi, perempuan mantan penderita klamidia mungkin saja didiagnosis mengalami kerusakan tuba falopi. Diduga, hal ini berkontribusi terhadap 30%-40% dari keseluruhan kasus ketidaksuburan pada perempuan.

Sumber : https://eduvita.org/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *