Cah Wortel Sawi Putih ala Cafe Instagramable di Jakarta

Cah Wortel Sawi Putih ala Cafe Instagramable di Jakarta

Bahan: 300 gr sawi putih, potong-potong 1 bh wortel, iris serong 3 bh bawang merah, cincang 1 siung bawang putih, cincang 1 sdt kecap asin 1/2 sdt garam 1/2 sdt gula pasir 1 btg daun bawang, iris serong 1 sdm minyak, untuk menumis 100 ml air

Cara Membuat Untuk 4 porsi: 1. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Masukkan wortel. Aduk hingga setengah layu. Masukkan sawi putih. Aduk rata. 2. Bubuhi kecap asin, garam, dan gula pasir. Aduk rata. 3. Tuang air. Masak sambil sesekali diaduk hingga meresap. Taburi daun bawang.

Untuk mendapatkan warna kuning cerah pada makanan, bakar dahulu kunyit sebelum dikupas agar bagian hitamnya mudah terbuang dan warna kuning yang didapat maksimal. Agar bola-bola ayam tak retak, tumis bola-bola ayam sebelum dimasak bersama bumbu sampai berubah warna. nasi yang digunakan untuk digoreng, sebaiknya nasi pera. jika tak punya, gunakan nasi sisa semalam atau simpan dahulu nasi di dalam freezer.

Tujuannya, agar nasi tak bergumpal saat digoreng sehingga bumbu merata. Agar tepung menempel sempurna pada ayam, daging, atau ikan, gulingkan di atas bahan pelapis lalu celupkan ke bahan pencelup. Terakhir, gulingkan lagi di atas bahan pelapis. Agar semakin menempel, tekan tekan. Angkat-angkat agar sisa pelapis tak mengotori minyak. Trik membersihkan ulat pada kembang kol bisa dengan cara merendam kembang kol di dalam air garam 10 menit sebelum dimasak, hingga ulat terlepas.

Kentang untuk perkedel biasanya dimatangkan dengan cara digoreng dahulu, untuk mengurangi kadar air. jika ingin dikukus, gunakan jenis kentang tes lalu kukus sebelum dikupas agar kadar airnya tak meningkat. jika tak memiliki tepung panir di rumah, gunakan corn?ake sebagai gantinya. Corn?akes dapat diremahkan agar mudah menempel.

Buah hati kita ada kalanya sulit sekali makan. Nah, agar si kecil selalu lahap menyantap semua menu makanan yang ada dihadapannya, kita harus kreatif dalam menyajikannya. Seperti inspirasi katering sekolah untuk si kecil ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *