Usir Aroma Tak Sedap Pada Miss V

Untuk memahami munculnya bau tak sedap pada Miss V, kita harus mengetahui terlebih dahulu kondisi normal va- gina. Sesungguhnya, semua Miss V memang mempunyai aroma, tetapi vagina yang sehat beraroma sangat ringan/ tidak kencang. Aroma normal ini umumnya berasal dari keringat. Vagina normal mengandung bakteri baik yang dikenal dengan nama Lactobacillus Acidophilus.

Baca juga : Kursus Bahasa Jerman di Jakarta

Bakteri baik ini mempertahankan area vagina pada kisaran pH 4,5 dengan memproduksi asam laktat dan hidrogen peroksida yang bersifat aerob (senang hidup pada lingkungan lembap dan cukup udara), sehingga bakteri lain penyebab infeksi tak dapat berkembang biak di vagina. Nah, aroma tak sedap juga berbagai gangguan pada Miss V akan muncul jika populasi Lactobacillus Acidophilus ini berkurang.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan populasi Lactobacillus Acidophilus ini berkurang, seperti: penggunaan sabun mandi pada area Miss V, mencuci vagina (douche); penggunaan obat-obatan (misal : antibiotik dan antihistamin) dalam jangka panjang, serta kondisi daerah vagina yang panas dan lembap (karena memakai celana ketat, stocking, legging, pakaian olahraga, tampon, pem balut/pantyliner yang dilapisi plastik dan bukan berbahan lapisan katun dalam waktu lama atau terus-menerus).

Infeksi dan pertumbuhan jamur pada vagina, mengonsumsi makanan tertentu yang beraroma kuat (seperti: bawang) dalam jumlah banyak, keringat berlebihan , dan kanker leher rahim, bisa pula membuat Miss V beraroma tak sedap.

Jika aroma tak sedap pada Miss V disertai gejala lain, tandanya kondisi vagina sedang tidak sehat. Contoh, aroma tak sedap yang disertai keputihan, gatal ataupun nyeri. Nah, itu perlu cek ke dokter ya, Ma. Bila dibiarkan berlarut-larut bisa menyebabkan komplikasi, seperti sulit hamil dan radang panggul. Bila hanya aroma tak sedap ketika mau datang bulan, lalu hilang sendiri, tak perlu dikhawatirkan. Sebab, hormon atau siklus menstruasi juga memengaruhi aroma yang dikeluarkan oleh kelenjar di sekitar Miss V. Namun, bila mama cemas dan merasa tidak nyaman , tak ada salahnya melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kulit dan kelamin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *