cara mengusir tikus dari rumah (

Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Mengenal Sifatnya

Cara Mengusir Tikus Dari Rumah – Terlepas dari apa pun jenisnya, tikus merupakan hewan pengerat yang suka memakan apa pun. Mulai dari sayur, daging, bahkan kayu dan jangan khawatir jika misalkan furniture Anda rusak maka Anda bisa memesan furniture custom berkualitas disini.

Jenis tikus yang banyak dijumpai masyarakat nusantara adalah jenis tikus hutan, tikus got, tikus atap, dan tikus mencit atau tikus pakan.

Khusus tikus atap atau tikus yang berhabitat di dalam rumah dan dekat manusia, kerap kali dirasa mengganggu. Kebiasaannya yang suka mencuri makanan dan merusak perabotan yang terbuat dari kayu, akan tetapi jika misalkan perabotan atau furniture Anda rusak karena tikus maka Anda bisa membelinya kembali di tukang kayu furniture.

Selain itu tikus ternyata tidak hanya saja ada dirumah karena tikus juga dapat tinggal dan bersarang di toko hingga apartemen mewah sekalipun sehingga perabotan Anda seperti lemari, sofa hingga kitchen set ada baiknya menggunakan furnish untuk furniture

Lebih dari itu, tikus dapat menjadi penyebar penyakit yang berbahaya. karena ada beberapa jenis penyakit yang disebabkan oleh gigitan tikus, air kencing tikus, dan bahkan makanan bekas tikus. Untuk itu, memang sebaiknya dilakukan beberapa cara mengusir tikus dari rumah yang sebenarnya menggemaskan ini.

Belum Banyak yang Tahu, Ini Cara Mengusir Tikus Dari Rumah Dengan Mengenal Sifatnya

Sifat-Sifat Tikus

Sebelum menentukan cara mengusir tikus yang efektif, tentu kita harus mengenal bagaimana sifat tikus itu sendiri. Secara umum, tikus memiliki ciri berikut.

  1. Tikus memiliki penciuaman yang sangat kuat
  2. Tikus memiliki pendengaran yang tajam
  3. Kebanyakan tikus merupakan hewan nokturnal atau aktif di malam hari
  4. Tikus adalah hewan omnivora dan terbiasa menggigit apa pun yang ditemui
  5. Hewan ini cenderung melewati jalan yang sama saat berlalu-lalang

Cara Menegusir Tikus Dirumah

Nah, dari beberapa sifat tikus tersebut maka selanjutnya kita bisa memilih cara mengusir tikus dari rumah yang paling logis dan efektif. Berikut ini adalah beberapa caranya.

  1. Berikan bahan beraroma menyengat di sekitar sarang atau area lalu-lalangnya.

Beberapa bahan yang memiliki bau menyengat serta mudah ditemukan adalah sebagai berikut.

  1. Kapur barus atau kamper

Caranya dapat menaburkannya langsung atau pun dengan menghaluskannya terlebih dahulu, mencampur dengan air, dan menyemprotkannya secara merata di sarang tikus

  1. Bawang putih

Ini terbukti dalam penelitian. Dari semua bahan dapur yang diberikan kepada tikus, bawang putih adalah bahan yang paling membuat tikus terganggu. Caranya cuku memotong bawang putih agar aromanya keluar.

  1. Detergen yang dicampur amonia

Ini mungkin bisa jadi alternatif yang terakhir dicoba saja karena amonia memiliki bau yang tidak terkontrol.

  1. Minyak mint atau pappermint

Ini sedikit eksklusif, namun Anda juga akan menyukai baunya. Jadi ini adalah bahan untuk cara mengusir tikus dari rumah terbaik yang bisa dicoba.

  1. Lada yang digerus

Aroma yang menimbulkan efek pedas dari lada tidak hanya menusuk hidung manusia, tapi juga tikus. Cukup gerus dan taburkan saja ke sarang tikus.

  1. Bedak wangi atau bedak bayi

Ini bisa jadi bahan yang paling murah dan tidak akan mengganggu penghuni rumah.

  1. Bulu burung hantu

Tikus tahu bahwa burung hantu adalah predator bagi mereka. Secara almiah bau burung hantu memang sudah ditakuti oleh tikus walau pun tikus tersebut belum pernah bertemu burung hantu dan terlibat cekcok di warung. Hehe.

  1. Kulit durian

Di pedasaan, petani memasukan kulit durian di sela-sela tumpukan gabah. Itu dilakukan agr tikus tidak mau memasuki celah-celah karung. Entah karena tikus takut terkena duri durian yang tajam atau benar-benar baunya yang menyengat. Yang jelas tikus terusir.

  1. Kondisikan suara bising

Dengan ciri memiliki pendengaran yang tajam, maka suara bising dapat dijadikan untuk membuat tikus tidak nyaman dan akhirnya pergi.

  1. Suara jangkrik dan suara burung hantu

Anda bisa menggunakan jangkrik asli yang dikandangkan atau juga bisa menggunakan suara tiruan alias melalui pengeras suara sebagai cara mengusir tikus dari rumah.

  1. Suara mainan bekas yang tidak memakan banyak daya

Mainan bekas anak-anak yang hanya memakai daya baterai kecil bisa dipanjer dan diletakan di sarang tikus. Panjer saja hingga baterai habis, semoga itu bersamaan dengan tikus pindah.

  1. Kondisikan suasana terang

Meskipun tidak mengandalkan mata dalam melakukan aktivitas, namun tikus tetap akan terganggu jika di sekitarnya terang, sebab tikus justru terbiasa gelap. Untuk itu gunakan lampu-lampu berikut sebagai cara mengusir tikus dari rumah.

  1. Lampu terang hemat daya berwarna putih. Usahakan memakai lampu dengan lumens tinggi dan lampu yang punya panas tinggi sehingga tempat sekitar menjadi panas.
  2. Lampu khusus pengusir tikus yang biasanya berwarna biru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *